Tugas Paper Topik-Topik Lanjutan
Sistem Informasi
Perancangan Strategi Sistem Informasi pada Restoran D’cost
Perancangan Strategi Sistem Informasi pada Restoran D’cost
Nama
Kelompok
Christian Tang (1501170822)
Rahman (1501167746)
Martin Sinaga (1501172191)
Hans Sihuandy (1501158464)
Susan Prasetio (1501143632)
Christian Tang (1501170822)
Rahman (1501167746)
Martin Sinaga (1501172191)
Hans Sihuandy (1501158464)
Susan Prasetio (1501143632)
Abstrak
Restoran pada umumnya
banyak yang memakai aplikasi tertentu yang berbasis sistem informasi untuk
mempermudah pemesanan makanan. Namun belum semua restaurant di Indonesia
mempergunakan teknologi tersebut. Salah satu teknologi informasi yang dibuat
untuk restaurant adalah website order makanan secara online, untuk mempermudah customer yang ingin membeli. Namun,
sayangnya tidak semua restaurant menggunakan teknologi informasi ini pada
restaurant umumnya. Topik ini berfokus pada perencanaan strategi sistem
informasi pada restaurant D'cost.
Kata
kunci: perencanaan,strategi,perencanaan strategi, strategic information systems.
Bab I
Pendahuluan
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Teknologi semakin lama semakin maju dan berkembang sangat
pesat bersamaan dengan perkembangan zaman sekarang. Teknologi merupakan
kehidupan sehari-hari dimana teknologi
berkontribusi besar dalam hal berbagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari.
Oleh karena itu pada zaman modern ini ada beberapa restoran yang mulai
memikirkan cara untuk menggali income lebih dalam dari sebelumnya mengingat
teknologi semakin canggih.
Dalam
kasus ini, restoran D'cost mulai mengubah pemesanan makanan yang dari manual
menjadi memesan makanan melalui teknologi mobile
yang langsung menghubungkan ke bagian dapur. Tidak hanya itu, customer juga
bisa memesan makanan lewat sistem yang bernama D’cost delivery. D’cost delivery
merupakan salah satu metode yang dibuat untuk mempermudah para customer untuk
tidak perlu repot-repot memesan produk langsung ke outlet D’cost.
Delivery
dan pemesanan makanan melalui handphone adalah salah satu metode yang dimana
para customer menggunakan suatu perangkat teknologi dengan memanfaatkan sumber
daya energi sebaik mungkin sehingga menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan
dengan seiringnya pengurangan penggunaan kertas.
1.2
Ruang Lingkup
Ruang Lingkup
yang akan dibahas pada Paper ini
yaitu terdiri dari :
1.
Sejarah Strategic Information Systems
2.
Contoh Perusahaan yang menggunakan
perencanaan Strategic Information Systems
3.
Menjelaskan cara dan bagaimana proses
perencanaan Strategic Information Systems
1.3
Tujuan dan Manfaat
1.3.1 Tujuan
1. Memperkenalkan metode perencanaan
Strategic Information Systems
2.
Memberikan informasi dan pengetahuan mengenai perencanaan Strategic Information Systems
3.
Memberikan contoh mengenai perusahaan yang menggunakan perencanaan Strategic Information Systems
4.
Menjelaskan bagaimana perusahaan melakukan perencanaan Strategic Information Systems
1.3.2 Manfaat
1. memanfaatkan fasilitas IT
semaksimal mungkin
2. memudahkan para stakeholders dalam mengakses berbagai
dokumen elektronik
3. mengurangi dampak global warming dengan meminimalkan
penggunaan kertas
1.4 Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian yang digunakan
dalam pembuatan paper ini yaitu
menggunakan metode studi pustaka, dengan melakukan pencarian pada situs-situs
pengetahuan pada mesin pencarian (browser)
1.5 Sistematika Penulisan
BAB 1 : Pendahuluan
Pada bab ini penulis menjelaskan
mengenai latar belakang, ruang lingkup penulisan, tujuan dan manfaat pda paper, metode penelitian yang digunakan
dan sistematika penulisan mengenai perencanaan Strategic Information Systems.
BAB
2 : LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan dijelaskan
teori-teori umum mengenai perencanaan Strategic
Information Systems berdasarkan pengertian para ahli yang membahas
teori perencanaan Strategic Information Systems, dimana teori tersebut dapat membantu
untuk memberikan penjelasan yang bermanfaat
BAB
3 : Pembahasan Perancangan Strategi Sistem Informasi
Pada
bab ini akan dijelaskan mengenai sejarah Strategic
Information Systems secara umum dan pada perusahaan, lembaga-lembaga yang
berfokus pada perencanaan Strategic
Information Systems, tentang bagaimana penerapannya, Apa dampaknya
menggunakan perencanaan Strategic
Information Systems
Bab 4 : KESIMPULAN
Pada bab ini akan dijelaskan
mengenai kesimpulan yang diambil dari penjelasan berdsarkan penjelasan yang telah
dicantumkan
BAB
2
Landasan Teori
Landasan Teori
Dalam peran sistem
informasi pada suatu perusahaan, diperlukan yang namanya perencanaan strategi
agar sistem yang telah diterapkannya dapat berjalan dengan baik.
Menurut
definisi dari ask.com, Strategic Information Systems adalah sebuah sistem yang
membantu perusahaan mempengaruhi strategi dan struktur bisnis. Sistem ini
digunakan untuk mempercepat waktu reaksi terhadap perubahan sekelilingnya dan
membantu perusahaan dalam meraih keunggulan kompetitif terhadap
pesaing-pesaingnya.
Selain
itu, perusahaan yang sedang kita fokuskan ini (D’cost), dalam memajukan
perusahaannya, kami membuat perencanaan yang membuat teknologi ini dalam
perencanaan strategisnya mempermudah d’cost dalam melayani konsumennya.
BAB
3
Pembahasan
Perancangan Strategi Sistem Informasi
Sebuah sistem yang ada akan menjadi sia-sia apabila tidak
diterapkannya perencanaan strategi sistem informasi dengan baik.
Sejarah
Strategi Sistem Informasi
Ide
strategi sistem informasi (SIS) pertama kali dicanangkan oleh Charles Wiseman
pada tahun 1982. Namun baru beberapa tahun kemudian Wiseman menuangkannya ke
dalam jurnal dan buku. Menurut pernyataan Wiseman, SIS dicanangkan atas dasar
untuk mengelola berbagai macam sistem informasi, seperti sistem informasi
manajemen.
Dia
menambahkan bahwa pengotomasian proses bisnis dan pengambilan keputusan dirasa
tidak cukup jika mengandalkan perspektif sistem informasi yang lama
(konvensional). Maka, dengan hadirnya SIS, sistem yang ada pada organisasi
dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.
Perencaan
strategi pada perusahaan
Bagi
perusahaan, hendaknya harus menentukan terlebih dahulu apa rencana, metode dan
gunanya menerapkan SIS pada perusahaannya.
Dalam
menyusun rencana, hendaknya harus mencari scope mana yang bisa diotomasi. Untuk
tiap-tiap scope yang dijangkau, harus dipertimbangkan juga untung ruginya.
Scope yang dijangkau dapat diterapkan sebagai rencana apabila banyak
keuntungannya saat disandingkan dengan SIS.
Untuk
metodenya, hendaknya harus menggunakan teori-teori yang sudah teruji
sebelumnya, sebagaimana dituangkan dalam aturan perencanaan SIS.
Untuk
kegunaan, hendaknya diteliti dengan perbandingan antara sebelum dan sesudah
melakukan perencanaan SIS.
Perencanaan
SIS pada restoran D’cost
Restoran
D’cost didirikan pada tahun 2006 dengan nama PT Pendekar Bodoh oleh Liem
M. Kwang sebagai wujud menciptakan restoran makanan laut yang bersih,
hangat dan nyaman. Untuk mencapai visi
tersebut, D’cost berusaha untuk meningkatkan mutu terhadap makanan yang dijual
sambil menekan harga dengan prinsip “Mutu Bintang 5 Harga Kaki 5”, yang artinya
konsumen tidak membayar lebih dari biaya memasak di rumah.
Dalam
mewujudkan prinsip tersebut, D’cost dalam rencana strategis sistem informasinya
memanfaatkan metode IT. Metode IT yang digunakan dalam restoran D’cost adalah
dengan menggunakan sistem berkas komputer dalam pencatatan bon, perawatan
peralatan, kebersihan, sampai pelaporan hasil penjualannya. Diharapkan dengan
metode ini, restoran D’cost dapat meminimalkan penggunaan kertas sambil
mengurangi biaya operasionalnya.
Contoh
bukti penerapan IT dalam restoran D’cost bisa dilihat dengan penggunaan alat mobile dalam pemesanan makanan. Alat mobile tersebut menggunakan aplikasi web browser yang terhubung ke jaringan Wi-Fi tertutup milik restoran D’cost.
Dengan penggunaan seperti ini, dokumen penjualan dapat dengan mudah diakses di
manapun dan kapanpun tanpa merasa ribet dengan berseraknya kertas.
Pada
saat ini, D’cost baru saja meluncurkan aplikasi mobile untuk memudahkan pemesanan produk D’cost dan promosi yang
dilakukan oleh D’cost. Aplikasi tersebut berjalan di ponsel berbasis Windows Phone. Diharapkan dengan
penggunaan aplikasi ini, konsumen dapat dengan mudah berinteraksi dengan
layanan yang diberikan D’cost di manapun dan kapanpun dalam hal promonya dan
pemesanan produk.
Dengan
komitmennya sebagai restoran dengan prinsip “Mutu Bintang 5 Harga Kaki 5”,
D’cost juga meraih berbagai penghargaan, bebrapa di antaranya adalah Restoran Makanan Laut Terfavorit versi Indonesia Tourism Award 2010, Top Brand Award 2011 dan Marketing Award 2011.
BAB
4
Kesimpulan
Kesimpulan
Dari sekian intensifnya restoran
D’cost dalam menerapkan prinsip IT dengan strategi-strateginya, restoran ini
diharapkan dapat menjadi ilham bagi restoran-restoran lainnya dalam masalah
penerapan IT di bidang rumah makan di Indonesia. Sebagai konsumen juga harus terbuka
dengan perkembangan zaman agar tetap survive
dengan keadaan globalisasi sekarang ini.
Daftar
Pustaka
Wiseman, Charles M. (1985). Strategy and Computers: Information Systems
as Competitive Weapons. New York, N.Y.: McGraw-Hill.
Referensi
http://www.dcostseafood.com
http://apr1l-si.comuf.com
http://www.ask.com/question/what-is-strategic-information-systems
www.binus.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar